OPEN TRIP Lombok EXPLORE 3 GILI ( Nanggu, Kedis dan Tangkong ) - Ayo Pigi Liburan, Business Trip, Study Tour, dan Umroh Yuk!
SUBTOTAL :

Follow Us

asia indonesia lombok opentrip price_Rp850.000
OPEN TRIP Lombok EXPLORE 3 GILI ( Nanggu, Kedis dan Tangkong )

OPEN TRIP Lombok EXPLORE 3 GILI ( Nanggu, Kedis dan Tangkong )

asia indonesia lombok opentrip price_Rp850.000
Short Description:
Mari ikut bersama kami menjelajah 3 Gili yang ada di Lombok

Product Description



Itinerary


Hari ke-1


Seperti biasa dalam kegiatan open trip pada umumnya, penyelenggara akan menentukan dimana peserta bertemu dan berkumpul atau bahasa trend-nya adalah meeting point (disingkat MEPO). Istilah ini sudah sangat lazim dikalangan traveler atau open tripper. Lokasi lazim dari MEPO adalah bandara atau pelabuhan setempat.

Kenapa?

...karena biasanya peserta open trip berasal dari luar kota, bahkan luar propinsi. Bandara dan pelabuhanlah yang merupakan pintu gerbang untuk memasuki sebuah wilayah.

Open trip ini dimulai dengan bertemu dan berkumpul di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang dulu dikenal dengan nama Bandara Internasional Lombok. Kalau semua peserta open trip telah berkumpul, perjalanan akan kita mulai dengan mengunjungi Kampung Sade, tempat Suku Sasak bermukim.

Kampung Sade sendiri berlokasi di desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Jarak tempuh dari bandara tempat MEPO ke Kampung Sade kurang lebih 11 km dengan waktu tempuh sekitar 18 menit. Ini kalau lalu lintas normal ya, guys. Kalau macet sih ya...bisa lebih lama dari estimasi.

Apa yang bisa sobat traveler lakukan di kampung ini?

...dengan mengunjungi Kampung Suku Sasak ini berada, berarti sobat sudah dikatakan telah pernah ke Lombok. Di kampung ini, sobat bisa melihat secara langsung kehidupan asli Suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok.

Mereka masih sangat memegan tradisi nenek moyangnya. Ini terlihat dari rumah mereka yang sangat tradisional. Atapnya masih menggunakan ijuk, kuda-kuda atap dibuat dengan menggunakan bambu tanpa paku, dinding yang terbuat dari anyaman bambu, dan lantai yang beralaskan tanah.

Disini sobat bisa menghabiskan waktu selama kurang lebih 30 menit. Lumayan lah untuk keliling kampung, menyapa warga lokal, foto bareng, atau kalau mau nginap silakan. Hehehe...

Setelah itu perjalanan akan dilanjutkan ke Pantai Kuta Lombok yang masih tetanggaan desa dengan Kampung Sade. Jarak tempuh hanya 7 km dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit. Dekat, kan?

Jadi sobat tidak usah nyeberang ke Bali hanya untuk ke Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok tidak kalah cantik dari yang ada di Bali. Bahkan kegiatan yang sobat lakukan pun sama kok.

Namanya juga pantai, jadi kegiatan yang sobat traveler bisa lakukan adalah berenang konvensional, snorkling, dan kalau sobat mahir berselancar silakan sewa papan selancar. Tapi jangan hanya disewa ya, gunakan untuk berselancar. Kan nggak lucu kalau sobat traveler hanya sewa doang tapi tidak berselancar. :)

Usahakan sobat berlama-lama disini. Kalau bisa, makan siang plus shalat dhuhur disini saja. Kalau sobat ingin berjemur, silakan. Tapi jangan sampai lupa waktu, ntar...(pikir sendiri aja deh) Hehehe...

Setelah puas menikmati hari di Pantai Kuta, sobat akan diajak ke Kampung Tenun Sukarara. Perjalanan ke kampung ini agak sedikit lama dibanding yang sebelumnya. Jarak tempuh dari Pantai Kuta Lombok ke Kampung Sukarara ini adalah 26 km dengan waktu tempuh sekitar 34 menit.

Apa yang sobat traveler bisa lakukan di kampung ini?

Karena ini adalah kampung tenun, maka sobat bisa melihat secara langsung proses pembuatan kain songket dan kain lainnya di desa ini. Sobat traveler juga bisa membeli produk kerajinan tangan warga lokal sebagai souvenir dari Lombok. Selain itu sobat juga bisa membantu perekonomian mereka.

30 menit adalah waktu yang lumayan cukup buat sobat di kampung ini. Setelah itu, sobat akan diajak chekc in. Eits! Jangan salah paham ya. Check in yang ayopigi.com maksud disini buat yang negatif ya, tapi positif, yaitu ke hotel untuk beristirahat setelah seharian keliling Lombok Tengah.

Kalau sudah saatnya makan malam, silakan sobat cari warung makan sekitar hotel KALAU biaya open trip exclude dinner. Tapi kalau INCLUDE, ya sobat akan diajak makan malam oleh penyelenggara.

Hari ke-2


Dihari kedua ini sobat traveler akan diajak untuk island hopping ke 3 (tiga) gili, yaitu Gili Nanggu, Kedis, dan Tangkong. Jadi ceritanya sobat traveler akan berwisata bahari. Trip dihari ketiga ini akan dilakukan setelah makan pagi.

Karena sobat akan berwisata bahari, jadi tujuan pertama adalah pelabuhan yang akan menyeberangkan sobat ke Gili Nanggu. Jarak dan waktu tempuh sih tergantung dari lokasi hotel tempat sobat menginap. Lokasi ketiga gili ini ada di wilayah Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat.

Setelah sampai di pelabuhan, sobat akan diseberangkan ke Gili Nanggu dengan menggunakan perahu sewa. Jumlah penumpang per perahu tergantung dari besarnya perahu. Demi keamanan, sobat traveler disarankan untuk mengikuti setiap aturan nge-trip dari penyelenggara, termasuk kuota penumpang per perahu. Takutnya ntar kelebihan muatan, perahu oleng, dan akhirnya bisa-bisa membahayakan nyawa sobat.

Pada dasarnya kegiatan yang sobat bisa lakukan di ketiga gili ini adalah sama, yaitu snorkeling, diving, berjemur, mancing, kayaking, atau hanya sekadar jalan-jalan mengelilingi pulau. Tapi Gili Tangkong memiliki ciri khas tersendiri, yaitu pulau ini tak berpenghuni. Jadi kalau sobat berada di pulau ini, serasa milik sendiri deh.

Berhubung berlayar ke 3 gili, jadi waktu yang sobat akan habiskan untuk wisata bahari ini bisa dibilang hampir sehari penuh. Makan siang akan disajikan di salah satu gili dalam bentuk nasi kotak. Tenang, dijamin maknyos kok. :)

Setelah puas menikmati keindahan tiga gili, saatnya balik ke hotel. Tapi sobat akan diajak untuk menikmati sunset di Bukit Malimbu. Bukit ini memang merupakan tempat yang paling cocok untuk melihat sunset. Jadi kenikmatan sobat akan mencapai klimaks di bukit ini.

Jangan lupa selfie ya dengan latar belakang sunset.

Setelah mengambil gambar di Malimbu Hill, saatnya balik beneran ke hotel untuk rehat sambil menungguu makan malam.

Hari ke-3


Ini adalah hari terakhir sobat berada di Lombok. Jadi gunakan waktu sebaik-baiknya. Setelah makan pagi, sobat akan dipersilakan berkemas-kemas karena kita akan check out. Tapi tenang saja, karena kita masih akan jalan-jalan kok sebelum ke bandara.

Sobat pasti tahu kan bahwa Lombok ini dikenal dengan nama Pulau Seribu Mesjid. Jadi trip pertama kita dihari terakhir ini akan menuju Masjid Hubbul Wathon Islamic Center. Pemerintah setempat telah menjadikan mesjid ini sebagai kawasan wisata reliji.

Banyak pelancong menyempatkan ke masjid ini karena kemegahannya diantara mesjid-mesjid lainnya yang ada di Lombok. Desainnya yang unik dan menakjubkan juga menjadi daya tarik mesjid ini. Dan yang terakhir, orang yang pernah berkunjung kesini akan merasa seakan berada di Tanah Suci. Dekat mesjid juga ada Makam Batu Layar.

Dari wisata religi kita akan menuju Pasar Seni Sesela. Lumayanlah belanja oleh-oleh khas Lombok. Waktu tempuhnya cuma 10 menitan saja. Setelah dari sini, baru deh kita makan siang.

Setelah makan siang, kita akan menuju Desa Banyumulek yang merupakan sentra industri gerabah. Hampir 80% penduduknya menyandarkan kehidupannya dengan menjadi pengrajin gerabah. Jarak dari Sesela ke Banyumulek cuma 16 km dengan waktu tempuh sekitar 28 menit.

Nah, dari Banyumulek kita akan menuju bandara dan berakhirlah open trip kita.

Penutup


Itinerary ini bisa digunakan bukan hanya untuk open trip saja, tapi juga bisa digunakan untuk perjalanan pribadi sobat traveler. Sobat cukup memodifikasi itinerary ini.

Tempat-tempat yang akan dikunjungi sengaja dicetak tebal untuk mempermudah sobat mengetahui spot yang akan dikunjungi. Tidak ada salahnya juga ayopigi.com merangkum itinerary ini dalam bentuk list dibawah ini.

Hari 1: Bandara - Kampung Sade - Pantai Kuta - Kampung Tenun Sukarara - Hotel
Hari 2: Hotel - Gili Nanggu - Gili Kedis - Gili Tangkong - Malimbu Hill - Hotel
Hari 3: Hotel - Masjid Hubbul Wathon Islamic Center - Pasar Seni Sesela - Banyumulek - Bandara

Untuk harganya bervariasi, tergantung dari pilihan hotel tempat sobat menginap dan jumlah peserta yang ikut. Semakin banyak, semakin murah.

Sampai jumpa ya di itinerary berikutnya.

0 Reviews:

Post Your Review