Post Page Advertisement [Top]

travel

Tips Aman Saat Terbang Ditengah Pandemi

tips aman saat terbang ditengah pandemi
Ilustrasi (Designed on Canva.com)

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa dunia sedang sakit. Dunia dewasa ini diserang oleh wabah yang bernama Virus Corona Baru yang menyebabkan orang yang terinfeksi oleh virus ini akan menderita penyakit yang bernama Covid-19.

Nama Covid sendiri merupakan singkatan dari Corona Virus Disease yang bermakna penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Sedangkan angka 19 merupakan tahun penyakit ini ditemukan pertama kali di Wuhan, Tiongkok, yaitu pada 2019.

Sampai artikel ini ditulis, jumlah kasus yang terkonfirmasi untuk tingkat global sebesar 5.587.582, dimana yang meninggal karena virus ini berjumlah 347.872 orang dan yang dinyatakan sembuh jauh lebih banyak daripada yang meninggal, yaitu 2.365.703 orang.

Sedangkan di Indonesia sendiri jumlah kasus positif Covid-19 adalah 22.750, dimana yang meninggal karena penyakit ini berjumlah 1.391 orang dan yang berhasil sembuh juga jauh lebih banyak daripada yang meninggal, yaitu 5.642 orang.

Kedua data di atas merupakan data yang telah diperbarui oleh worldometers.info pada 26 Mei 2020, pukul 01:45 GMT.

Meskipun data menunjukkan bahwa wabah ini masih sedang berlanjut, namun Pemerintah Indonesia dan sebagian negara lain memberikan izin kepada maskapai untuk beroperasi kembali dengan berbagai persyaratan.

Di Indonesia sendiri, persyaratan untuk bisa bepergian dengan menggunakan pesawat lumayan ketat. Tidak semua orang bisa bepergian via pesawat. Hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan, seperti:

  1. Petugas tim percepatan penanganan Covid-19;
  2. Tenaga medis dan kesehatan;
  3. ASN, TNI, dan Polri yang ditugaskan ke daerah lain;
  4. Pebisnis yang ingin melakukan kunjungan bisnis ke daerah lain;
  5. Pasien rujukan;
  6. Orang yang keluarga intinya meninggal atau sakit;
  7. Pekerja Migran Indonesia; dan/atau
  8. Pelajar/mahasiswa Indonesia yang berada di luar negeri.

Selain itu, dokumen yang harus dibawa pun otomatis bertambah. Salah satunya adalah Surat Keterangan Negatif Covid-19. Untuk dokumen lainnya bisa dilihat DISINI.

Lalu, apakah dengan adanya SuKet Negatif Covid-19 penumpang bisa langsung merasa aman bepergian dengan menggunakan pesawat? Berikut Admin AyoPigi memberikan Anda tips agar Anda tetap merasa aman dan sehat saat bepergian ditengah pandemi.

Rajin Cuci Tangan

cuci tangan
Ilustrasi cuci tangan (Sumber: Pexels.com)

Tangan merupakan anggota tubuh yang paling intense bersentuhan dengan benda apapun. Itulah mengapa mencuci tangan termasuk salah satu protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran virus corona baru. 

Namun, bukan hanya sekadar membilas tangan dengan air. WHO menyarankan agar tangan dicuci dengan menggunakan sabun atau deterjen. Sabun atau deterjen diyakini mampu membunuh kuman, virus, dan bakteri yang melekat pada tangan.

Sediakan Selalu Penyanitasi Tangan

hand sanitizer
Ilustrasi orang yang memegang hand sanitizer (Sumber: Pexels.com)

Anda mungkin tidak memiliki waktu yang banyak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun. Apalagi saat berada di bandara atau di kabin pesawat. Untuk menyiasatinya, sebaiknya sediakan selalu penyanitasi tangan (hand sanitizer).

Meskipun penggunaannya berbeda, penyanitasi tangan juga memiliki fungsi yang sama dengan sabun atau deterjen. Tapi tingkat kebersihannya memang masih kurang bila dibandingkan dengan sabun, dan bisa mengakibatkan iritasi pada kulit jika sering digunakan.

Jaga Wudhu

jaga wudhu
Pria yang sedang berwudhu (Sumber: harianterbit.com)

Buat Muslim, menjaga wudhu merupakan sunnah yang selalu senantiasa harus dijaga. Selain memiliki dimensi spiritual, berwudhu juga memiliki dampak dari sisi kesehatan.

Berwudhu mampu membersihkan kotoran yang melekat pada tangan dan anggota tubuh lainnya. Jadi buat Anda yang beragama Islam, jagalah wudhu Anda saat bepergian.

Gunakan Masker atau Pelindung Wajah

gunakan masker
Perempuan sedang menggunakan masker (Sumber: Pexels.com)

Selain mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker juga termasuk protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona baru ini. Bahkan Pemerintah DKI Jakarta memberikan sanksi kepada siapa saja yang tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Apakah boleh menggunakan masker di dalam kabin pesawat? Sangat boleh. Bahkan beberapa maskapai internasional mewajibkan penumpangnya untuk menggunakan masker. Ini disebabkan karena jarak antar penumpang di dalam pesawat sangat dekat.

Tidak semua orang terbiasa menggunakan masker. Ada yang merasa kesulitan bernapas saat menggunakan masker. Kalau Anda mengalami hal yang demikian, sebaiknya Anda menggunakan pelindung wajah yang bisa Anda buat sendiri atau membeli untuk melindungi wajah Anda dari percikan cairan mulut.

Duduk Di Dekat Jendela

duduk di dekat jendela
Ilustrasi kursi dekat jendela pesawat (Sumber: Pexels.com)

Tempat yang paling aman agar terhindar dari virus ini saat berada di dalam pesawat adalah duduk di dekat jendela. Kenapa? Karena lokasi tersebut bukan merupakan lalu lalang penumpang. Ini berbeda dengan kuris dekat lorong atau tengah.

Dengan tidak dilalui oleh penumpang lainnya, Anda bisa meminimalisir interaksi dengan penumpang lainnya. Bahkan yang sederet dengan Anda pun tidak. Apalagi sekarang kursi tengah dibiarkan kosong oleh pihak maskapai agar penjarakan fisik tetap terjaga.

Jadi, pada saat check in di bandara, sebaiknya Anda meminta kepada petugas check in agar diberikan kursi di dekat jendela. Namun, dalam hal permintaan pribadi tersebut Anda akan dikenakan biaya tambahan, minimal Rp80.000 per kursi, tergantung maskapai yang Anda gunakan.

Bersihkan Sekitar Kursi Anda

bersihkan sekitar area kursi Anda
Kursi pesawat (Sumber: Pexels.com)

Pihak maskapai pasti menjalankan protap kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah berupa penyemprotan cairan disinfektan di dalam kabin pesawat sebelum dan sesudah penerbangan.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada area yang tidak terkena cairan. Jadi, sebelum Anda duduk, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kursi, penyangga tangan, dan meja lipat Anda. Atau bila perlu bersihkan juga majalah yang tersedia sebelum membacanya.

Hindari Penggunaan Toilet

hindari penggunaan toilet
Ilustrasi penggunaan toilet (Sumber: Pexels.com)

Buang air memang merupakan panggilan alam. Tanpa diperintah pun, ia akan keluar dan kita harus membuangnya pada tempat yang telah disediakan, seperti toilet.

Namun, toilet merupakan tempat yang paling sering disentuh oleh orang lain, terutama gagang pintunya. Jadi, sebaiknya sebelum naik pesawat, usahakan buar airlah terlebih dahulu agar Anda tidak terkoneksi dengan toilet selama penerbangan berlangsung.

Hindari Jabat Tangan

hindari jabat tangan
Ilustrasi jabat tangan (Sumber: Pexels.com)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda apapun, baik disengaja maupun tak disengaja.

Oleh karena itu, jika Anda bertemu dengan kenalan atau keluarga Anda di bandara, sebaiknya hindari dulu berjabat tangan. Toh mereka juga paham kok kondisi sekarang. Mereka tidak akan tersinggung.

Nah itulah tadi beberapa tips buat Anda yang ingin bepergian via pesawat ditengah pandemi ini. Jaga selalu kesehatan Anda ya. Rajin berolah raga dan mengonsumsi makanan yang baik dan halal.

Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita semua diselamatkan oleh Allah swt. dari bahaya wabah dan yang lainnya. Aamiin.

1 comment:

  1. Makasih angga travel.. terbaik dech pokoknya layanannya...bintang 100 untukmu... the next saya pesen lagi yaa

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]