Post Page Advertisement [Top]

travel

Asyik, Naik Pesawat Ini Penumpang Tidak Butuh Hasil Rapid Test

Maskapai TransNusa
Maskapai TransNusa (Sumber: BeritaSatu.com)

Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 sepertinya tidak berlaku untuk maskapai yang beroperasi di Indonesia bagian timur ini, TransNusa.

Buat Anda yang belum membaca isi dari SE di atas, bisa dilihat DISINI.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan di website resmi TransNusa (www.transnusa.co.id), Kamis (2/7/2020), semua penumpangnya tidak diwajibkan untuk memiliki surat keterangan hasil Rapid Test atau PCR.

Ini didasarkan kepada Surat Edaran Gubernur NTT Nomor: BU.550/08/DISHUB/2020 tentang Bebas Dokumen Kesehatan/Bebas Covid-19 Bagi Pelaku Perjalanan.

Tapi sobat traveler jangan senang dulu ya. Soalnya ketentuan yang tertuang di dalam SE Gubernur NTT tersebut hanya berlaku untuk perjalanan dalam satu wilayah Nusa Tenggara Timur ...

...atau

Dengan kata lain, penumpang harus berangkat dan tiba di bandara yang berada di wilayah NTT. Kalau mau masuk ke NTT atau keluar dari NTT, ya tetap harus melengkapi diri dengan surat keterangan hasil Rapid atau PCR Test, ya sob.

Persyaratan Bagi Penumpang Intra NTT


Meskipun penumpang TransNusa dengan rute intra NTT tidak diwajibkan melakukan Rapid Test, namun pihak maskapai tetap memberlakukan berbagai persyaratan, diantaranya:

Penumpang harus menunjukkan kartu identitas diri berupa KTP atau tanda pengenal sah lainnya, seperti SIM atau Paspor. Kartu ini membuktikan apakah penumpang orang NTT atau bukan.

Paspor
Paspor (Sumber: pexels.com)


Selain itu, penumpang harus memasang aplikasi Peduli Lindungi yang bisa diunduh di Playstore (pengguna Android) atau di Appstore (pengguna iOS). Aplikasi mampu mengidentifikasi apakah pengguna sedang berada di zona merah atau berada di dekat pasien PDP atau ODP.

PeduliLindungi
PeduliLindungi (Sumber: pedulilindungi.id)


Mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik secara online di situs http://sinarkes.kemkes.go.id/ehac. Bukti pengisian wajib ditunjukkan pada hari keberangkatan kepada petugas di bandara.

Kartu Kewaspadaan Kesehatan
Laman utama pengurusan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik (Sumber: inahac.kemkes.go.id)


Selain itu, penumpang juga harus mengikuti ketentuan penerbangan yang telah ditetapkan oleh pihak maskapai, seperti:
  1. Penumpang harus tiba minimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.
  2. Mengenakan masker selama berada di bandara, di dalam pesawat, dan saat kedatangan di bandara tujuan. Bila perlu sampai keluar bandara atau tiba di rumah/kantor.
  3. Mencuci tangan dengan sabun atau penyanitasi tangan.
  4. Menjaga jarak selama berada di bandara.
  5. Menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat.
  6. Mengikuti petunjuk awak pesawat.

Rute TransNusa

Rute TransNusa
Rute TransNusa

Sejak kembali beroperasi pada 22 Juni 2020, TransNusa tetap melayani rute-rute sebagai berikut:
  1. Kupang - Ruteng - Kupang
  2. Kupang - Bajawa - Kupang
  3. Kupang - Alor - Kupang
  4. Kupang - Larantuka - Kupang
  5. Kupang - Waingapu - Kupang
  6. Kupang - Tambolaka - Kupang

Untuk mengecek harga tiket pesawat TransNusa, sobat traveler bisa mengunjungi website agregator tiket.ayopigi.com atau menekan tombol di bawah ini. Sobat juga bisa menghubungi Admin AyoPigi via WA DISINI.


Tapi harga yang sobat dapatkan adalah harga konsumen/publik. Nah, buat sobat traveler yang pengen harga reseller, silakan daftarkan diri sobat dengan menekan tombol di bawah ini.


Buat yang sudah daftar, silakan login dengan menekan tombol di bawah ini.

No comments:

Post a comment

Bottom Ad [Post Page]