Post Page Advertisement [Top]

amerikadestinasieropanew yorkparistravelzulchaeril

Paris Versus New York: Perbandingan Destinasi/Aspek Penting dari Kedua Kota. Lebih Keren Mana?

Paris dan New York adalah dua dari banyak kota-kota besar dunia yang sangat menarik perhatian masyarakat dan menjadi destinasi impian bagi hampir seluruh warga dunia.


Selain menjadi impian, kedua kota ini juga sangat banyak mempengaruhi  secara global dalam berbagai aspek kehidupan manusia dari arsitektur, ekonomi, komersial, budaya, dan pendidikan.


Membandingkan kedua kota keren ini akan menjadi seru, sebab masing masing kota akan memiliki kelompok orang yang menyukainya dengan alasan mereka tersendiri.


Namun sebelum ngotot lebih jauh  tentang mana yang lebih keren ataupun lagi pusing buat memutuskan mau mengunjungi yang mana lebih dulu antara Paris atau New York, jauh lebih baik jika kita cermati dan bandingkan satu persatu dari beberapa aspek/destinasi yang ada dalam kedua kota ini.


1. Bandara: New York John F Kennedy Airport vs Paris Charles De Gaulle Airport 

Modern futuristik vs geometrik lingkaran


Wuiihh, terminal Bandara John F Kennedy di New York punya atap yang tampak futuristik ya sobat ayopigi. Ya, John F Kennedy Airport yang diberi nama yang sama dengan ...? Yap, betul sekali. Diberi nama yang sama dengan nama salah satu Presiden mamarika (eh maaf, Amerika maksudnya) yang paling terkenal, yaitu John F Kennedy (JFK). Desainnya keren seperti sayap yang terbentang. Bandara JFK ini adalah bandara utama yang melayani kota New York, dibuka pada tahun 1948 , dan memiliki arus lalu lintas penumpang sebanyak lebih dari 62 juta pertahun. Wow!


Sementara itu, Paris punya Bandara Charles De Gaulle yang dinamai seperti nama salah seorang tokoh nasional dan mantan Perdana Menteri Prancis. Bandara Charles De Gaulle juga punya peran sebagai bandara utama yang melayani kota Paris. Nah,buat sobat ayopigi yang mau lihat menara Eiffel, gak bisa langsung tiba di Eiffel gitu aja. Harus tiba/landing di bandara ini dulu. Charles De Gaulle Airport ini dibuka pada tahun 1974, dengan jumlah arus penumpang sebanyak 72 juta pertahun.


Dilihat dari desainnya, CDG  kayaknya lebih monoton ya dibanding punya New York, Si JFK Airport. Tapi tetap aja bandara CDG ini adalah salah satu bandara paling legendaris di dunia, secara Paris sudah beberapa kali menjadi kota paling banyak dikunjungi oleh turis internasional selama beberapa tahun berturut turut. Jadi meskipun sebagian dari kalian memandang Bandara CDG kurang menarik dibanding JFK, tapi kan kalian ke Paris bukan cuma buat lihat bandara ini, tuh menara Eiffel udah menunggu kalian buat ambil foto selfie dalam berbagai gaya.


So? JFK vs CDG? Sama sama keren kok, kedua kota ini semuanya keren. Dan kalian semua akan tiba di kedua bandara ini saat ke Paris atau New York. Jadi kumpulkan uang mulai dari sekarang ya sobat ayopigi.

Interior terminal building


2. Bangunan Ikonik : Empire State Building VS Eiffel Tower

Empire State Building vs Eiffel Tower: Sama Sama Megah


Kingkong yang bergelantungan di Empire State Building? Yap betul banget sobat ayopigi. Empire State Building sudah tidak terhitung lagi jumlah scenenya dalam film film populer. Gedung berarsitektur art deco setinggi 443 meter ini adalah gedung tertinggi di dunia selama 39 tahun sejak berdirinya pada 1931 hingga tahun 1970, saat gedung kembar WTC selesai dibangun. Uniknya, gedung ini kembali menjadi gedung tertinggi di New York setelah runtuhnya gedung WTC yang ditabrak pesawat pada 2001. Hingga pada tahun 2012, gelar Empire State Building sebagai gedung tertinggi di New York pun lepas, dengan selesainya One World Trade Center yang lebih tinggi sebagai pengganti WTC yang sudah runtuh.


Paris tidak perlu dijelaskan lagi.Semua orang juga sudah hafal diluar kepala bahwa PARIS = MENARA EIFFEL. titik. hehe.


Dari desainnya, kedua bangunan ini memang sangat berbeda. Empire state adalah bangunan beton, sementara Eiffel adalah menara besi dengan 4 kaki dan beberapa level dek yang punya fungsi berbeda. Empire state dihuni oleh sebagian besar perusahaan multinasional yang berkantor di berbagai tingkatannya. Kalau Eiffel murni sebagai objek wisata yang memiliki restaurant di dek paling bawah, lalu di dek tengah ada area observasi yang dilengkapi dengan teropong untuk melihat berbagai sudut kota Paris dari ketinggian, sekaligus sebagai sarana berfoto ria. Di dek paling puncak, ada dek observasi yang lebih sempit dan lebih menantang sebab ketinggiannya juga jauh diatas dek lainnya.


Aduh, jadi bingung….mau kunjungi yang mana dulu ya sobat ayopigi? Dua-duanya aja kalau bisa. Eitss jangan lupa nabung dulu. hehe.


3. Jembatan: Seine River Bridge VS Brooklyn Bridge

Jembatan arch lengkung vs jembatan gantung


Brooklyn Bridge? Jembatan yang dari Film Godzilla yang hancur itu? Yup, Betul sekali.  Bagi kalian yang sejak dulu sudah gandrung sama film-film Hollywood, selamat ya. Pasti sudah tidak asing lagi dengan Jembatan Tua di New York ini. Brooklyn Bridge, dari namanya mungkin sudah jelas menggambarkan peran jembatan ini sebagai penghubung antara kawasan Manhattan dengan? Tepat….dengan kawasan Brooklyn.


Jembatan tua ini dibangun pada tahun 1883, sekitar 137 tahun yang lalu. What? Setua itukah? Iya, memang tua, tapi justru karena tuanya itulah yang menjadi unsur dasar sehingga jembatan Brooklyn ini menjadi jembatan paling ikonik seantero New York City sobat ayopigi.


Kalau Paris? Punya juga dong. Meskipun mungkin Paris belum punya jembatan seikonik Brooklyn ataupun jembatan ikonik lainnya di dunia, tapi Paris punya Seine River Bridge, atau jembatan Sungai Seine. Modelnya beda sih, kalau Seine Bridge ini punya konstruksi Arch atau semacam busur melengkung yang menjadi penopang jembatan. Kalau Brooklyn? Brooklyn Bridge adalah jembatan gantung dengan tali penggantung yang terbuat dari kawat-kawat baja.


Meskipun konstruksinya beda, dan Seine Bridge tidak sepanjang Brooklyn, maklum sungai Seine di Paris memang tidak selebar sungai yang memisahkan Manhattan dan Brooklyn. Namun Seine Bridge punya ornament yang tidak kalah indah dari Brooklyn Bridge. Jembatan Seine justru terlihat lebih klasik dan Eropa banget. Dilengkapi pilar-pilar Romawi di setiap sudutnya, menambah kesan grande dari jembatan ini.Ukuran boleh kecil.Tapi bisa jadi yang lebih kecil itu justru lebih grande dan menawan dibanding yang lebih besar.


Brooklyn Bridge kayaknya menang di ukuran dan kepopulerannya yang sering jadi latar film-film Hollywood. Kalau Seine River Bridge menangnya di desain yang penuh seni dan budaya ala Eropa. So? Siapa yang mau ke Brooklyn? Yang mau ke Seine Bridge? Dua-duanya aja kayaknya lebih bagus ya sobat ayopigi…hehe.


4. Museum: Louvre Museum VS Metropolitan Museum of Art

Desain sama sama klasik dan megah (Sumber: pexels.com)


Ada yang tahu dimana lukisan Monalisa yang “keramat” dan penuh kontroversi ditaruh? Yup di Louvre Museum. Ada yang tahu gimana cara baca dari Museum Louvre? Tunjuk tangan. Hehe. Museum yang dibangun pada tahun 1793 ini, sekitar 227 tahun yang lalu, adalah salah satu museum yang menyimpan koleksi seni terbanyak di dunia, dengan 380 ribu koleksi benda bersejarah dan lebih dari 38 ribu karya seni, salah satunya ya Lukisan Monalisa, karya Leonardo Da Vinci. Louvre juga dikunjungi oleh 9,6 juta pengunjung dan pada tahun 2018 menjadi museum yang paling banyak dikunjungi di dunia.


Kalau ke New York, mau kunjungi museum apa ya? Nah, ini salah satunya bisa jadi referensi. Metropolitan Museum of Art, dibangun pada tahun 1874, sekitar 146 tahun yang lalu, menyimpan sekitar 2 juta koleksi benda, dengan pengunjung pada tahun 2019 sebanyak hampir 6,5 juta orang.


Dari luar keduanya sama-sama klasik ya. Dengan banyak pilar-pilar dan jendela besar di berbagai sisinya. Tapi satu hal yang bikin Museum Louvre lebih terlihat wah adalah dengan adanya pyramid dari kaca di halaman depan museum, sehingga nuansa Louvre terlihat lebih kaya dengan tambahan piramid itu. Belum lagi beberapa air mancur yang terletak di sudut dan sisi piramidnya, menambah kesan majestic yang sangat menarik.


Nah, mau lihat Monalisa, ke Louvre aja. Tapi kalau mau ke New York juga? Kunjungi saja Metropolitan Museum Of Art ya sobat ayopigi.


5. Kembang Api Malam Tahun Baru: Eiffel Tower Fireworks VS Times Square Ball

Malam tahun baru di Menara Eiffel VS di Times Square New York


Tahun baru kemarin kemana sobat ayopigi? Ke Paris? Serius…atau ke New York?


Yang lihat kembang api ditembakkan dari Menara Eiffel? Atau mau lihat Penurunan Bola / Dropping The Ball di Times Square  New York saat countdown tahun baru? Wah, mana yang lebih seru ya?


Pesta tahun baru di Prancis pastinya berpusat di kota terbesarnya Paris, dengan Eiffel tower dan Arch de Triomphe sebagai pusat keramaian, dengan ratusan ribu orang memadati Champ De Mars / pelataran menara Eiffel setiap tahunnya.


Kalau New York, lebih dari 1 juta orang berkumpul di Times Square untuk menyaksikan kembang api dan penurunan Bola Times Square (Dropping the Ball) selama 60 detik, dimulai dari pukul 11.59 tengah malam, hingga satu menit kemudian tempat jam 12 malam bola sudah berada didasar, dan bersamaan dengan kembang api diluncurkan dari berbagai sudut Times Square. Wow, meriah sekali ya. Belum lagi sekitar 1 milyar orang menonton acara tahun baru di Times Square ini lewat televisi dan internet.


Ayo segera rencanakan perjalanan liburanmu bersama ayopigi.com.


6. Patung Liberty : Paris VS New York

Dua patung Liberty bersaudara


Ke New York? Iya dong. Kan mau lihat patung Liberty yang hanya satu satunya di dunia. Yakin satu satunya di dunia? Mungkin satu-satunya yang paling popular, tapi bukan berarti benar-benar satu satunya. Eits…faktanya patung liberty itu ada banyak di dunia ini. Di Prancis saja ada sekitar 10 patung liberty yang pernah dibuat dan diletakkan di berbagai tempat. Salah satunya yang digambar itu adalah patung Liberty yang terletak di Ile Aux Cygnes (baca: il o sin), sebuah pulau buatan sempit memanjang di tengah Sungai Seine tidak jauh dari menara Eiffel. Patungnya berdiri setinggi 22 meter.


Kalau Liberty di New York tidak diragukan lagi adalah Patung Liberty paling populer di dunia yang telah menjadi symbol kota New York sejak berpuluh tahun yang lalu. Patungnya setinggi 93 meter dihitung dari permukaan tanah. Dikunjungi oleh lebih dari 3 juta pengunjung hingaa saat ini.


Mau tahu sejarahnya mengapa di Paris juga ada patung Liberty? Bukannya  Prancis yang memberi hadiah patung Liberty kepada Amerika Serikat pada tahun 1887? Yap, itu benar. Lalu 3 tahun setelah berdirinya Patung Liberty di New York, Presiden Prancis saat itu,  Marie Francois Sadi Carnot meresmikan Patung Liberty Paris sebagai sumbangan dari komunitas para pekerja Perancis yang tinggal di Amerika.


Dari desain, keduanya memang sangat mirip. Hanya saja Liberty yang di New york terlihat lebih klasik fondasinya dengan susunan seperti balok balok bata yang cukup antik. Sementara Liberty Paris terlihat lebih moderen dengan fondasi batu yang berwarna putih polos.


Tapi ada satu keunikan lain yang dimiliki oleh Liberty Paris, yaitu pemandangan menara Eiffel sebagai latarnya, sehingga Liberty yang di Paris tetap punya nuansa unik dibanding saudaranya yang di New York.


So mau kunjungi yang mana dulu sobat ayopigi? It's up to you baby. You decide it!


7. Ruas Jalan Terkenal dan Mewah: Paris Champ Elysees VS New York 5th Avenue

Paris Champ Elysees vs New York 5th Avenue


Mau lihat Fashion show model model Victoria Secret? Mau hadiri New York Fashion week atau Paris Fashion Week? Mau belanja tas Gucci, Prada, Louis Vuitton dan komplotannya? Mau lihat selebriti Hollywood lagi belanja?


Boleh boleh…. Kalau mau, datang aja ke dua jalan paling populer di dunia ini. Paris punya Champ Elysees (baca : shonz ehleezeh), sedangkan New York punya Fifth Avenue. Keduanya sangat mirip, dipenuhi dengan gedung-gedung apartemen di bagian atas, dan di lantai bawahnya berjejer toko toko barang branded karya para desainer dunia. Jika New York dan Paris adalah salah dua dari beberapa kota fashion di dunia, maka kedua jalan inilah yang menjadi jantung dari budaya fashion dan mode yang sangat mempengaruhi trend fashion dibelahan dunia yang lain.


Keduanya sama-sama keren, hanya saja kalau di Champs Elysees, bangunan yang berdiri di kanan kirinya lebih rendah. Sedangkan Fifth Avenue selain bangunan rendah, ada juga beberapa gedung perkantoran tingkat tinggi. Tapi apapun perbedaan yang dimiliki keduanya, mereka tetaplah punya keunikan dan keindahan masing masing yang menjadi daya tarik dan berpengaruh ke seluruh dunia.


8. Gedung Universitas: Sorbonne University VS Columbia University

Universitas keren: Sorbonne vs Columbia


Tahu Ikal? Kenal? Hehe. Ikal yang dari film Laskar Pelangi itu loh. Ikal dan sahabatnya Arai yang punya mimpi besar buat melanjutkan studinya ke Paris dan menjelajahi Eropa. Akhirnya mereka mendapat beasiswa dari Uni Eropa untuk berkuliah di Sorbonne University dalam sekuel film Laskar Pelangi, Edensor.


Sorbonne inilah yang menjadi salah satu universitas paling bergengsi di Paris. Menjadi penghasil para tokoh penerima Penghargaan tertinggi di dunia, seperti Nobel Prize, Academy Award dll.


Kalau New York? Ya jelas punya dong. Ada seabrek kampus bergengsi di New York, salah satunya Columbia University. Tidak kalah dari Sorbonne di Paris, kampus ini juga telah menghasilkan begitu banyak alumni yang juga memenangkan banyak penghargaan bergengsi dunia sebagaimana Sorbonne diatas.


Dilihat dari desainnya, keduanya punya Desain dasar yang klasik. Tapi gedung utama Sorbonne sedikit lebih megah dengan kubah yang cukup besar di puncaknya. Sementara gedung Columbia university lebih terkesan monoton dengan atap yang datar. Namun terlepas dari semua itu, keduanya sangat layak meski untuk sekadar dikunjungi dan berfoto ria di halaman depannya.


Nah sobat ayopigi, itulah beberapa aspek-aspek keren yang dimiliki oleh dua kota paling keren di dunia, Paris dan New York. Semoga menginspirasi ya. Jadi lebih suka Paris atau New york nih? Iya iya boleh, suka Paris ataupun New York atau keduanya juga tidak masalah. Yang terpenting adalah kita bersyukur akan kehidupan indah yang telah diberikan dan diizinkan oleh Tuhan untuk terjadi di dunia ini. Salah satunya dalam bentuk kota-kota yang hebat dan keren.


Mengapa Tuhan menciptakan gunung? Untuk didaki.


Mengapa Tuhan menciptakan Dunia yang luas? Untuk dijelajahi, dikagumi dan disyukuri segala keindahannya sebagai bentuk syukur atas nikmat dari Tuhan di dunia ini.


Perintah untuk Traveling sendiripun ada dalam berbagai ayat ayat agama.


“Dan sesungguhnya AKU menciptakan kalian menjadi berbangsa bangsa dan bersuku suku agar kalian saling kenal mengenal” QS Al Hujurat : 13


“DIAlah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezkiNya. Dan hanya kepadaNya lah kamu kembali setelah dibangkitkan” QS Al-Mulk : 15


Mulai sekarang, rajin nabung yah sobat ayopigi, biar bisa traveling dan mengunjungi banyak tempat tempat keren di seluruh dunia dan mensyukuri segala karunia dalam hidup ini. Salam Traveling dengan penuh kekaguman buat semua sobat ayopigi dimanapun berada.


Kontributor: Muhammad Zulkhaeril


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]